Berkaca Pada Sejarah, Roma Optimis Kalahkan Real Madrid.

Skuad AS Roma. (Gilabola.cm)
Lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan pas-pasan, AS Roma kini harus berhadapan dengan Real Madrid. Meski peluangnya tipis, I Lupi masih punya kans untuk membuat kejutan.

Roma cuma mengumpulkan enam poin dari enam pertandingan di fase grup Liga Champions. Rekor mereka adalah satu kemenangan, tiga kali imbang dan dua kali kalah.

Menurut catatan UEFA, enam poin adalah nilai terendah yang pernah didapat sebuah klub untuk lolos ke babak 16 besar - meski Roma bukan yang pertama melakukannya. 

Catatan buruk lainya yang dipunya Roma adalah soal buruknya barisan belakang mereka. Ada 16 gol bersarang di gawang Roma di fase grup. Cuma Malmo (21 gol) yang punya rekor kebobolan lebih buruk di Liga Champions musim ini.

Dengan statistik tersebut maka Roma adalah tim paling lemah yang lolos ke 16 besar. Malang buat mereka, Real Madrid muncul sebagai lawan yang harus dihadapi di babak knock out.

[Baca juga: Barca Ditantang Arsenal, Juve Jumpa Bayern]

El Real
, yang ditempatkan sebagai unggulan ketiga juara di bawah Barcelona dan Bayern Munich, tampil hebat di fase grup. Kemenangan 8-0 atas Malmo di matchday terakhir membuat Cristiano Ronaldo dkk menjadi tim dengan pengumpul poin terbanyak (16), plus menjadi tim paling produtif bersama Bayern Munich (19 gol).

Duel menghadapi Madrid pun menjadi tantangan yang luar biasa besar buat Roma. Tapi Roma punya bekal yang bisa jadi tambahan motivasi saat harus berhadapan dengan raksasa Spanyol itu. Pada dua pertemuan terakhir di Liga Champions, yakni di babak 16 besar musim 2007/2008, Roma menang dua kali dengan skor 2-1.

Bermain di Stadion Olimpico lebih dulu, dua gol David Pizzaro dan Mancini cuma bisa sekali dibalas oleh Raul. Sementara saat gantian berlaga di Santiago Bernabeu dua gol Rodrigo Taddei dan Mirco Vucinic hanya bisa sekai dibalas Raul. 

Rekor Pertemuan AS Roma dan Real Madrid

2007/2008 
Real Madrid 1 - 2 Roma 
Roma 2 - 1 Real Madrid 

2004/2005
Roma 0 - 3 Real Madrid 
Real Madrid 4 - 2 Roma 

2002/2003
Real Madrid 0 - 1 Roma 
Roma 0 - 3 Real Madrid 

2001/2002
Real Madrid 1 - 1 Roma 
Roma 1 - 2 Real Madrid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar